Ada apa dengan peristiwa????


Peristiwa, sesuatu yang kadang bisa buat kita seneng tapi suatu saat juga bisa buat kita nangis, sedih, ‘ngenes’, menyesal dan sebagainya. Biasanya jika kita mengalami peristiwa / kabar gembira dalam hidup kita, kita pasti seneng bukan maen. Contohnya nich buat anak yang baru mau kuliah, ikut SPMB trus lulus di Kampus favorit ma jurusan favorit…wuih pasti dech langsung di sebar ke seantero dunia..Tapi gimana dengan yang gagal alias mengalami peristiwa buruk,pasti langsung pulang dengan wajah suram, trus masuk kamar n kalo’ bisa gak ada yang tau dech, kecuali Allah beserta Staf-stafnya (Baca: Malaikat), soalnya pasti akan ada peristiwa beruntun yang akan menyertai. Bisa motivasi, bisa juga sindiran.

Jika kita mengalami peristiwa buruk, apalagi hal yang membuat kita down (gak lulus ujian atw gak lulus masuk kampus favorit atau malah kehilangan sesuatu yang berharga banget). Biasanya kita sering menyalahkan Allah sang pemilik takdir, dengan menyebut Allah gak adil, gak pengertian dan bla..bla..bla ama satu lagi menyalahkan pihak-pihak yang kita anggap bertanggung jawab, bisa ortu, temen, guru de el el, tapi kita gak pernah / jarang nyalahin diri kita…Bener gak…?. Hal ini juga saya alami pada saat saya masuk SMA, waktu itu saya gak lulus masuk sekolah favorit dan harus terlempar jauh ke sekolah yang biasanya hanya sebagai persinggahan terakhir buat orang-orang yang dah gak punya pilihan laen, karena cuma sekolah itulah yang masih buka pendaftaran.

Tapi saat itu kita gak berfikir, mungkinkah ada sesuatu yang belum kita ketahui karena peristiwa tersebut.. Mungkin sebagian dari kita menjawab pernah, ada yang jarang atau bahkan sama sekali gak pernah. Itulah yang sekarang menjadi renungan buat kita. Mungkin dulu saya termasuk yang gak pernah mikir pada waktu itu. Hampir 6 bulan saya tetap menganggap Allah tak adil pada saya (Semoga Allah mengampuni saya), walaupun saya dah sekolah di tempat yang pada saat itu bukan pilihan saya, tapi karena dah g’ da pilihan.

Tapi pikiran itu berubah total, rupanya Allah memberi tahu sebuah rahasia dibalik peristiwa itu. sekitar memasuki 1,5 tahun sekolah, saya disadarkan oleh sebuah momentum. Kebetulan pada saat itu saya menjabat sebagai ketua OSIS di sekolah, maklumlah orang penting [Narsis mode:On], dan pada saat itu sekolah saya menang pada sebuah turnamen sepak bola paling bergengsi se-Kabupaten. Maka tuk merayakannya kami mengadakan jalan-jalan sekaligus study banding. Kebetulan waktu itu kota yang menjadi tujuan kami adalah Padang. Momen itulah yang akhirnya membuat saya sadar bahwa segala sesuatu baik peristiwa yang membahagiakan atau menyedihkan pasti ada hikmahnya. Jadi “never be sad” buat temen-temen yang mengalami peristiwa menyedihkan. OK… Keep smile..:)
Allah berfirman

“…Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. “(Q.S.Al Baqarah:216)

Dan buat teman-teman yang merasa bahwa kehidupan selalu sulit yakinlah pada Allah bahwa sesunggunya Allah pasti selalu membatu kita. Allah Berfirman :

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” (Q.S. Alam Nasyrah:5-6)

2 thoughts on “Ada apa dengan peristiwa????

  1. neh edy alumni kampus mana tah………..
    sedih jg isi blogs nya……..
    terinpirasi dr mane neh…………………..hhhhhhhhh

Leave a Reply

