Arti simbol pada Plastik


Teknologi plastik populer karena ringan, tidak mudah pecah, dan murah. Di balik itu, penggunaan plastik sangat berisiko terhadap lingkungan dan kesehatan. So, Anda harus mengerti plastik-plastik yang aman untuk digunakan dengan memahami simbol-simbolnya. sehingga kita tidak sembarangan dalam memilih makanan atau minuman yang terdapat pada kemasan plastik.
recycling-logos

simbol-simbol yang ada pada produk kemasan plastik

Gambar diatas merupakan arti simbol-simbol yang tertera pada berbagai produk plastik. Amatilah dengan seksama. Dan lihatlah keterangannya dibawah ini:
1. PETE atau PET (polyethylene terephthalate) biasa digunakan pada botol plastik yang transparan. Botol ini direkomendasikan hanya untuk sekali pakai. Jangan gunakan untuk air hangat. Buang botol yang sudah lama atau terlihat baret.

2. HDPE (high density polyethylene) biasa dipakai untuk botol susu (khusus untuk susu putih). Sama seperti PET, HDPE juga direkomendasikan hanya untuk sekali pakai.

3. V atau PVC (polyvinyl chloride) adalah plastik yang paling sulit didaur ulang. Biasa ditemukan pada pembungkus (cling wrap) dan botol. Kandungan DEHA-nya dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak bila dipanaskan. PVC berbahaya untuk ginjal, hati, dan berat badan.

4. LDPE (low density polyethylene) biasa dipakai untuk tempat makanan lunak dan botol-botol. Jenis ini dapat didaur ulang dan baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas.

5. PP (polypropylene) adalah pilihan terbaik untuk bahan plastik, terutama yang berhubungan dengan makanan dan minuman. Biasanya berbentuk botol transparan yang tidak jernih atau berawan.

6. PS (polystyrene) biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam atau tempat minum sekali pakai. Bahan polystyrene bisa membocorkan bahan styrine ke dalam makanan ketika bersentuhan. Styrine berbahaya untuk otak dan sistem syaraf.

7. Other (biasanya polycarbonate) bisa didapatkan di tempat makanan dan minuman olahraga. Polycarbonate mengeluarkan Bisphenol-A yang berpotensi merusak sistem hormon.

Masih banyak barang plastik yang tidak mencantumkan simbol-simbol ini, terutama buatan lokal. Oleh karena itu, teliti dan berhati-hatilah sebelum memutuskan menggunakan plastik sebagai pembungkus.

Demi kesehatan kita dan keluarga kita.

*Artikel ini diambil dari sebuah forum GenAsik (Telkomsel) dengan pengubahan / penambahan kata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s