Marhaban ya Ramadhan


Bulan ramadhan masih beberapa hari lagi, tapi sambutan luar biasa umat muslim sudah terasa sejak hari minggu kemaren (11/08). Hal ini terbukti dengan banyaknya ucapan melalui akun jejaring sosial (fesbuk, friendster) maupun sms yang mampir ke saya. Bahkan kegembiraan menyambut Bulan suci umat Islam seluruh dunia ini mengalahkan gegap gempita menyambut Hari Ulang tahun Republik Indonesia yang ke 64. Tidak hanya ini saja, persinetronan Indonesia juga telah mempersiapkan ini sejak jauh-jauh hari. Mungkin yang paling sering di nikmati dan diminati terutama kaum Wanita (mulai dari remaja sampe’ ibu-ibu, termasuk ibu saya) adalah sinetron cinta Fitri sesion Ramadhan (SCTV), Manohara (RCTI) dan lain sebagainya. Begitu juga acara-acara yang akan menemani mulai dari sahur hingga sahur lagi. Semua sudah mulai ditayangkan iklan dan jadwal mainnya.

Tapi saya rasa akan lebih baik jika kita mempersiapkan diri menyambut datangnya bulan mulia ini dengan aktifitas yang jauh lebih bermanfaat. Seperti banyak tilawah Al-Qur’an, Qiyamul lail dan sunah-sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad Saw. Dan bagi umat muslim lainnya agar berhati-hati untuk tidak melakukanm ritual-ritual yang mungkin menurut kita itu baik padahal tidak ada contohnya dari nabi kita. Karena akan menjadi Bid’ah mungkin contohnya adalah mandi bersama pada sebuah sungai di desanya. atau kegiatan memberi sajen pada kuburan, pohon tua dan sebagainya.

Semoga dengan datangnya bulan suci nan mulia ini kita mempersiapkan dan menyambutnya dengan sungguh-sungguh. Karena kita tidak tahu kapan kita akan meninggalkan dunia ini.
Marhaban ya ramadhan

One thought on “Marhaban ya Ramadhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s