Untukmu Indonesia :”Sahabat,Mulai dari yang paling kecil”


Kemeriahan peringatan Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 64 masih terasa, setidaknya masih ada warga yang masih mengibarkan bendera Merah Putih di depan rumahnya. Entah karena memang jiwa nasionalisme sang pemilik tinggi, atau karena lupa menurunkan benderanya. Yang pasti apapun motivasinya, bendera iu masih berkibar.

Tak terasa Negeri ini telah merayakan HUT yang ke 64, yang berarti sudah cukup lama negeri ini merdeka. Tapi benarkah kita sudah benar-benar merasakan kemerdekaan…? Jawabannya pasti bervariatif. Tergantung kepada siapa kita menanyakannya. Tapi mau tidak mau, suka atau tidak suka kita tetap harus mengakui bahwa negeri ini sudah merdeka dan sudah merayakan HUTnya yang ke 64.

Trus, jika kita diberi pertanyaan tentang sudah berapa banyak kontribusi yang kita berikan kepada negeri ini…? Jawabannya pasti saya yakin juga bervariatif. Kembali kepada siapa pertanyaan itu diberikan. Namun sebenarnya banyak hal yang tanpa kita sadari sebenarnya merupakan kontribusi nyata tuk pembangunan negeri ini. Contohnya adalah untuk kita semua adalah :
1. Tidak melanggar aturan lalu lintas (lampu merah), karena betapa sering saya melihat (di kota saya) kita hanya taat kepada peraturan lalu lintas khususnya dipersimpangan jika ada Bapak polisi, tapi lihatlah jika jam telah menunjukkan waktu 21.00 ke atas, maka kita akan melihat banyak pelanggaran lalu lintas khususnya lampu merah (walau tidak semua). Bukankah ini menunjukkan ketidakdisiplinan kita. yang tentu saja memberikan efek negatif. Mungkin kita masih bisa memberikan contoh yg lain.
2. Tidak membuang sampah sembarangan, juga merupakan kontribusi besar untuk negeri ini.
3. Hemat energi dan pemakaian kertas. Karena semakin kita hemat energi maka kemungkinan pemadaman lampu tidak kita rasakan atau setidaknya dapat diminimalisir.
4. No drugs, karena semakin banyak pemuda yang nge-drugs. Maka secara otomatis negeri ini akan memiliki generasi-generasi harapan yang lemah.

dan banyak contoh dan hal-hal kecil lain yang jika kita lakukan bersama tentu saja akan memberikan kontribusi besar bagi negeri ini. Jadi “Jangan tanyakan apa yang diberikan Negeri ini kepadamu, tapi tanyakanlah apa yang telah engkau berikan kepada negerimu”.

Mulailah dari yang terkecil, tapi rutin. InsyaAllah akan memberikan kontribusi besar bagi negeri ini. Jadi tunggu apalagi…

Setitikharapan Mengucapkan “DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA YANG KE 64” Semoga tetap Jaya dan Gemah Ripah Loh Jinawi

3 thoughts on “Untukmu Indonesia :”Sahabat,Mulai dari yang paling kecil”

  1. berkontribusi dari hal yang kecil, jika 200juta penduduk-nya melakukan hal tersebut, pasti dampaknya besar😀

    mari kita mulai dari kita, Merdeka!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s