Jali-Jali: Dari hiasan sampai obat


Postingan ini tak membahas tentang lagu Si Jali-jali Lagu Daerah milik Jakarta, tapi mengenai tanaman Jali-jali dari suku padi-padian yang memiliki bahasa ilmiahnya Coix lacryma-jobi. Mencoba sedikit membuat tulisan tentang tumbuhan dan alam.😀.

Minggu sore ketika sedang jalan-jalan dirumah teman secara tak sengaja melihat tanah yang begitu kosong yang begitu lebar, hanya beberapa ekor kambing yang mencoba merumput ditanah itu. Cerit punya cerita dahulu itu adalah areal sawah milik warga sekitar, namun sekarang tanah itu telah menjadi milik kawasan industri yang akan dibangun pabrik dan gudang.

Foto Narsis

Iseng-iseng saya coba ambil foto diri sendiri. *Narsis Mode On.😀. Dan hasilnya lumayan baguslah dengan suasana latar belakang sunset.

Tapi bukan ini yang akan saya ceritakan, karena judul diatas kan tentang Si Jali-jali.

Waktu saya melihat sekitas ada gerombolan tanaman berbuah kecil-kecil yang saya tak asing lagi dengannya. Ketika saya kecil saya sering melihat tanaman ini. Tapi saya tak pernah menemukan lagi tanaman ini beberapa tahun terakhir. Mungkin banyak yang menganggapnya sebagai tanaman semak biasa. Ketika saya lihat, coba ambil fotonya. Tapi pohon jali-jali sepertinya terlalu letih bertahan dilingkungan yang penuh dengan debu dan asap pabrik.

Jali-jali yang malang

Saya coba ambil buahnya yang warna putih, saya bersihkan dan pecahkan cangkangnya. Coba mengingat masa kecil dulu. Makan isi buah jali-jali. Rasanya hampir seperti beras.

Karena penasaran dengan buah ini maka saya pun coba googling dan menemukan fakta yang saya tak sangka sebelumnya. Karena saya dulu cuma memanfaatkan buah jali-jali yang tua dirangkai dan dijadikan gelang atau kalung. Atau kalau lagi gak males merangkainya kami jadikan tasbih. Lumayanlah menambah semangat dzikir kala itu.😀

Gbr Jali-jali dari Wikipedia

Jali-jali merupakan sejenis tumbuhan biji-bijian (serealia) tropika dari suku padi-padian atau Poaceae. Asalnya adalah Asia Timur dan Malaya namun sekarang telah tersebar ke berbagai penjuru dunia. Beberapa varietas memiliki biji yang dapat dimakan dan dijadikan sumber karbohidrat dan juga obat. Bulir yang masak terbungkus struktur yang keras, berbentuk oval dan berwarna putih.

Ada dua varietas yang ditanam orang. Coix lacryma-jobi var. lacryma-jobi memiliki cangkang (pseudokarpium) keras berwarna putih, bentuk oval, dan dipakai sebagai “Manik-manik ” Coix lacryma-jobi dimakan orang dan juga menjadi bagian dari tradisi pengobatan Tiongkok.

Walaupun sekarang jali nyaris tidak lagi dikonsumsi, tumbuhan ini masih dikenal orang, Di perdagangan internasional ia dikenal sebagai Chinese pearl wheat. (sumber wikipedia).

Selain itu saya juga menemukan bahwa jali-jali juga bisa dijadikan Obat. Lihat ini dan disini.Selain itu Jali-jali juga bisa dibuat tambahan makanan atau minuman infonya bisa dilihat disini

.

Ternyata tanaman yang selama ini saya ketahui sebgai tanaman liar diladang atau di sawah rupanya memiliki manfaat yang luar biasa.

31 thoughts on “Jali-Jali: Dari hiasan sampai obat

  1. tumbuhan yg berguna itu
    bernama jali2
    baru tau nih, makasih ya🙂
    ——————————————–
    Iya mas, namanya Jali-jali. Mungkin disana lain penyebutannya

  2. Salam knal ya! Kunjungan perdana nich! Sukses slalu buat anda. Ditunggu kunjung baliknya.
    ——————————————–
    Makasih dah berkunjung.

  3. itu yang makan rumput kambing atau kamping? ooo jali-jali itu nama tanaman ya… baru tau…. makasi infonya
    ————————————–
    Kambing mbak, makasih da koreksi.

  4. salam kenal kang
    saya rizki

    oh…
    jali-jali
    saya baru denger dan mungkin liat
    ato pernah liat tapi ga tau klo itu jali2
    makasihh inponya kang
    untuk sementara, karbohidratnya nasi ato mie instan. hehe

    ————————–
    Salam kenal juga mas, tapi jangan keseringan makan mie instan mas, gak baik untuk kesehatan.😀

  5. duh kebetulan bgt ku lagi masalah jali untuk obat tradisonal tp aku bingung nyari referensi buku y
    kalo anda tahu tlg beri tw y
    makasih

  6. bos kalau ada buah jali tolong dong aku kasif infonya aku butuh banget ni,,,makasih,,, ni nomer tlp saya,081382668200

  7. Jali” mengingatkan masa kecil saya di kampung Bali , jali” sering tak ronce jadi kalung ato gelang. Ga Taunya bisa di makan. Thanks infonya

  8. Dimana kt bs jual buah jali , sy mau jual,
    jka harga cocok dipasaran bs menjadi ajang bisnis buat sy, berhub buah tsbt langka ,sulit didpat

Leave a Reply

