Teguran..


Teguran, sebuah kata yang bisa diartikan sebagai sapaan atau peringatan. Tergantung kata itu diletakkan dimana..?. Namun hari ini saya dan kami yang berada diujung pulau sumatera ditegur kembali oleh Allah melalui gempa sinabang, Aceh.

Pagi ini, tepatnya ketika adzan subuh berkumandang. Saat diri ini bersiap sholat subuh. Saat diri ini masih berada antara sadar dan tidak, karena baru bangun. Terlihat bangunan rumah bergoyang lumayan keras, walau tak sampai menimbulkan bunyi bergetar. Tapi saya sempat merasa sedikit pusing. Kontan saja saya dan teman yang kebetulan baru selesai nonton pertandingan bola berteriak membangunkan yang lain dan tetangga yang masih belum bangun. Semua berhamburan keluar rumah. Rasa takut nampak jelas diwajah-wajah kami. Walaupun bukan merupakan pusat gempa, namun kami sering merasakan “Gempa kiriman”, baik itu dari Daerah Aceh dan Gempa padang. Mengingat kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa juga menimbulkan rasa trauma bagi kami yang berada tak jauh dari pusat gempa.

Mungkin inilah cara Allah menegur kami, agar kami kembali ke jalan yang ia Ridhai. Atau mungkin inilah cara Allah menguji kami dengan menunjukkan musibah-musibah disekitar kami. Mungkin juga suatu saat bisa saja bencana ini berada diantara kami. Walau ia tak diharapkan. Dan yakinlah jika itu terjadi itulah mungkin hal terbaik yang ia berikan. Karena sungguh “Seindah apapun rencana kita, akan jauh lebih indah rencana Allah”.

Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (Q.S.64:11)

Mudah-mudahan ketakutan kami pada hari ini bukanlah karena kami takut kehilangan harta benda karena cinta dunia. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kami, dan memberikan kesabaran kepada saudara-saudara kami yang ditimpa bencana.

18 thoughts on “Teguran..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s